Taurat dan Injil tidak dipelihara oleh Allah

Pertanyaan : 

Mengapa Al-Qur'an menyebutkan bahwa hanya Al-Qur'an saja yang dipelihara oleh Allah sedangkan Taurat dan Injil yang diturunkan sebelumnya tidak dinyatakan dilindunginya dari pemalsuan..? Apakah Allah tidak mampu untuk menjaga firman-firman-Nya terdahulu..? 

Jawaban : 

Soal ini semata-mata menjadi keputusan Allah, Dia sendiri yang memutuskan mana kitab suci yang akan dipelihara dan dilindungi dan mana yang ditetapkan bisa diubah-ubah oleh manusia. 

Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih. Kalau tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dari Tuhanmu dahulu, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka, tentang apa yang mereka perselisihkan itu. (Yunus: 19)   

Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Al-Baqarah: 213) 

Risalah Allah yang diturunkan kepada para nabi terdahulu, lalu umat mereka ada yang membangkang dan merubah risalah tersebut, kemudian diutus lagi nabi dan rasul untuk membenarkan ajaran para pendahulu tersebut, agar penyimpangan yang dilakukan dikembalikan lagi kepada jalan yang lurus. 

Ketetapan Allah untuk menjamin Al-Qur'an sampai akhir jaman merupakan tindakan logis karena setelah nabi Muhammad SAW Dia tidak lagi mengirim utusan.