Alasan Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab

Pertanyaan : 

Mengapa Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab..? sehingga membuat bangsa yang bukan Arab kesulitan untuk memahami ajaran Islam. 

Jawaban : 

Untuk pertanyaan ini, Al-Qur'an sendiri yang menjawabnya : 

Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh". (Fusilat: 44) 

Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam. (Ash-Shura: 7)

Proses penyebaran ajaran Islam memang telah ditetapkan Allah melalui Rasul yang diutus dari bangsa Arab, dimulai dengan penyampaian ajaran melalui mereka, untuk selanjutnya disebarkan kepada wilayah disekitar yang bukan berasal dari bangsa Arab. Tidak benar dikatakan karena Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab, maka kaum selain Arab kesulitan untuk memahami ajaran Islam. Pemahaman tentang ajaran Islam didapatkan melalui ulama-ulama yang menguasai ajaran tersebut, lalu mengajarkannya dalam bahasa masing-masing kepada umat. 

Faktanya banyak dari para ulama tersebut menguasai bahasa Arab melebihi orang Arab sendiri.