Maryam bukan salah satu oknum trinitas

Pertanyaan : 

Apakah Al-Qur'an menyatakan bahwa Maryam ibunda Isa Almasih adalah salah satu dari oknum trinitas pada surat al-Maaidah 116..? 

Jawaban : 

Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?". Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib". (Al-Maaidah 116)

Tidak ada ayat tersebut maupun rangkaian ayat sebelum dan sesudahnya menyinggung soal trinitas, melainkan hanya membantah tindakan ahli kitab yang telah menuhankan Isa Almasih dan ibunya. Jadi pernyataan ayat tersebut bukan dalam konteks berbicara soal trinitas. Ini bisa dianalogikan ketika seseorang bertanya :"Siapa yang mengatakan bahwa si A dan si B adalah dua orang anggota Marinir selain saya..?". Jumlah anggota Marinir tentu saja 1 batalyon. Pertanyaan tersebut bukan bicara soal berapa jumlah totalnya, melainkan tentang status si A dan si B.

Ayat Al-Qur'an yang menyinggung soal trinitas terdapat pada surat yang lain : 

Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. (al-Maidah: 73) 

Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara. (an-Nisaa: 171) 

Al-Qur'an menyebut soal trinitas dengan menyatakan jangan menjadikan Allah salah satu dari tiga, lalu membantah bahwa Isa Almasih adalah Allah, tanpa menyebut siapa oknum ketiga dari trinitas. Jadi Al-Qur'an membantah seluruh bentuk penuhanan kepada sesuatu selain Allah yang dilakukan oleh para pemuja Yesus dan ibunya.